Rencana Studi Beasiswa LPDP
Gengs berikut ini contoh proposal studi dan rencana studi lpdp walau tak sampai wawancara, barangkali bisa jadi referensi.
RENCANA
STUDI
Saya ingin mendalami salah satu
cabang ilmu sosiologi di jenjang magister, yaitu sosiologi pedesaan di Institut
Pertanian Bogor (IPB) dengan konsentrasi pengembangan masyarakat. Di jenjang magister
nanti saya ingin mengambil tesis tentang hambatan petani kopi dalam melakukan
diversifikasi usaha di Desa Lubuk Dalam. Hasil penelitian tersebut dapat
menjadi rujukan untuk memformulasikan kebijakan yang dibutuhkan masyarakat demi
terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan. Di masa depan nanti, saya ingin menjadi
seorang dosen di perguruan tinggi, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
yang memiliki kompetisi di bidang sosiologi pedesaan untuk dapat memberikan
kontribusi bagi masyarakat desa dan pemangku kepentingan agar menghasilkan
kebijakan yang memang sesuai dengan konteks dan kebutuhan masyarakat desa agar
menjadi garda terdepan dalam pembangunan nasional.
I. Program Studi
Program studi magister sosiologi pedesaan
Institut Pertanian Bogor (IPB) dirancang selama 4 (empat) semester . Dua
semester pertama dipergunakan untuk mendalami konsep, teori, dan paradigma di
bidang sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat. Dua semester terakhir
digunakan untuk bimbingan dan penulisan tesis. Program studi magister sosiologi
memiliki mata kuliah program pasca sarjana (SPs), mata kuliah program studi
(PS), dan mata kuliah pilihan konsentrasi yang bebas dipilih sendiri oleh
mahasiswa. Kurikulum magister sosiologi pedesaan IPB terdiri dari 6 SKS mata
kuliah wajib SPs, 13 SKS mata kuliah wajib PS, 12 SKS tugas akhir, dan 11 SKS
mata kuliah peminatan. Total SKS yang harus diambil adalah 42 SKS. Berikut ini
daftar mata kuliah yang akan saya tempuh :
Periode Studi
: Semester 1
|
|||
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
PPS 500
|
Bahasa
Inggris Untuk Magister
|
3
|
2
|
STK 511
|
Analisis
Statistik
|
3
|
3
|
KPM 631
|
Teori
Sosiologi Klasik dan Kontemporer
|
2
|
4
|
KPM 506
|
Gender
dan Sistem Penghidupan
|
2
|
5
|
KPM 539
|
Masyarakat
Pedesaan dan Perubahan Sosial
|
3
|
6
|
KPM 563
|
Kependudukan
dan Ekologi Manusia
|
3
|
Total SKS
|
16 SKS
|
Periode Studi
: Semester 2
|
|||
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
KPM 53A
|
Metodologi
Penelitian Sosiologi Pedesaan
|
3
|
2
|
KPM 572
|
Analisis
dan Kebijakan Sosial
|
2
|
3
|
KPM 573
|
Tata
kelola Pengembangan Masyarakat
|
3
|
4
|
KPM 574
|
Sosiologi
Digital Pengembangan Masyarakat
|
3
|
5
|
KPM 575
|
Relasi
Komunitas Pedesaan dan Komunitas
|
3
|
Total SKS
|
14 SKS
|
Periode Studi
: Semester 3
|
|||
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
KPM 60 A
|
Proposal
Tesis
|
2
|
2
|
KPM 60 B
|
Kolokium
|
1
|
3
|
KPM 60 C
|
Publikasi
Ilmiah
|
2
|
Periode Studi
: Semester 4
|
|||
1
|
KPM 60 F
|
Tesis
|
4
|
2
|
PPS 690
|
Seminar
Tesis
|
1
|
3
|
KPM 60 E
|
Ujian
Tesis
|
2
|
Total SKS
|
12 SKS
|
Semester 1 dan semester 2 saya akan mempelajari mata kuliah :
masyarakat pedesaan dan perubahan sosial, serta tata kelola pengembangan
masyarakat. Pengetahuan mengenai mata kuliah tersebut penting karena menjadi
bekal dasar untuk memahami ragam tipe struktur sosial masyarakat desa dan
perencanaan pengembangan masyarakat berbasis kekhasan lokal. Mata kuliah tersebut
dapat membekali saya dengan konsep dan teori untuk mengambil inisiatif yang
tepat dalam kegiatan pengembangan kapasitas masyarakat desa. Mata kuliah
selanjutnya yang akan saya pelajari di semester 2, yaitu analisis dan kebijakan
sosial yang mengkaji mengenai kebijakan pembangunan masyarakat desa dengan
analisis pemetaan sosial berbasis partisipatif. Mata kuliah tersebut penting
bagi calon dosen untuk menggerakan masyarakat desa agar menjadi aktor
pembangunan desa dan dapat memformulasikan program yang sesuai dengan konteks
dan kebutuhan masyarakat desa yang dapat dijadikan alternatif kebijakan oleh
pemangku kepentingan
II. Topik Tesis
Topik yang akan saya bahas dalam
tesis nanti adalah hambatan petani kopi
dalam melakukan diversifikasi usaha di Desa Lubuk Dalam. Pemilihan topik
tesis tersebut penting untuk mengidentifikasi sekaligus memetakan masalah atau
hambatan petani kopi dalam melakukan diversifikasi usaha yang menyebabkan
petani kopi di Desa Lubuk Dalam belum mencapai taraf hidup sejahtera karena
hanya bergantung pada hasil panen kopi setahun sekali dengan harga dan hasil
yang tidak menentu. Selain itu, belum ada penelitian yang membahas mengenai
hambatan petani kopi dalam melakukan diversifikasi usaha. Padahal dengan
mengetahui hambatan tersebut dapat mengatasi masalah tingkat kesejahteraan yang
masih rendah dan dapat memformulasikan program pengembangan atau pemberdayaan
yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan petani kopi dengan memanfaatkan
potensi lokal yang tersedia. Dalam penelitian ini, saya juga ingin memetakan karateristik
aspek sosial, ekonomi, dan budaya di Desa Lubuk Dalam untuk mengetahui potensi
lokal desa tersebut agar dapat dikelola secara optimal menggunakan pendekatan
sosiologi pedesaan. Pembahasan tesis ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dan merubah pola pikir petani kopi untuk segera berinovasi dalam
bidang ekonomi. Tesis ini juga diharapkan menjadi masukan bagi stake- holder terutama pemerintah
setempat untuk mengambil tindakan nyata dalam merespon permasalahan petani kopi
dengan mengimplementasikan kebijakan atau program yang sesuai dengan kebutuhan
guna meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Desa Lubuk Dalam.
III. Aktivitas di Luar
Perkuliahan
Aktivitas
di luar perkuliahan yang akan saya lakukan selama studi, yaitu :
1. Bergabung
di CTSS (Center For Transdisciplinary and
Sustainable Sciences), dengan tujuan mengasah kemampuan mengembangkan
inisiatif-inisiatif dan kemampuan untuk berpikir ilmiah, kritis, dan inovatif
agar mampu mengkaji hambatan petani kopi melakukan diversifikasi usaha dan
upaya strategis untuk memecahkan masalah tersebut guna meningkatkan
kesejahteraan petani kopi.
2. Berpartisipasi
dalam seminar dan konferensi terkait isu-isu masyarakat pedesaan dan
pengelolaan potensi lokal masyarakat desa.
3. Mempublikasikan
ilmu kepada masyarakat melalui blog, jurnal,dan artikel di media sosial.
IV. Tujuan Karir Jangka Panjang
Setelah menyelesaikan studi, ilmu
yang telah dipelajari akan saya aplikasikan menjadi suatu bentuk kontribusi
positif bagi pembangunan masyarakat pedesaan Indonesia khususnya masyarakat
Desa Lubuk Dalam dengan menjadi seorang dosen yang profesional di bidang
sosiologi pedesaan yang tidak hanya melaksanakan pengajaran, tetapi juga aktif
dalam kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat desa dengan memanfaatkan
potensi lokal yang tersedia. Membuat komunitas antar mahasiswa sosiologi yang
membahas permasalahan terkait masyarakat pedesaan dan memberikan kontribusi
positif dengan tindakan nyata seperti program bina desa untuk membantu
masyarakat desa mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia
yang ada. Di masa depan nanti, saya ingin mengusahakan untuk melanjutkan studi
kejenjang berikutnya (S3/ Doctoral) dalam rangka meningkatkan kompetisi akademik
maupun praktik di bidang sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakar
pedesaan.
KURIKULUM
PROGRAM
S-2 PRODI SOSIOLOGI PEDESAAN
PROGRAM
PASCA SARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)
SKS
Mata Kuliah Wajib SPs
|
6 SKS
|
SKS
Mata Kuliah Wajib PS
|
13 SKS
|
SKS
Tugas Akhir
|
12 SKS
|
SKS
Mata Kuliah Peminatan
|
11 SKS
|
Total
SKS
|
42 SKS
|
Daftar Mata
Kuliah Wajib SPs (6 SKS)
|
|||||||||
Kode
|
Nama
|
Kredit
|
Semester
|
||||||
PPS500
|
Bahasa
Inggris untuk Magister
|
3 SKS
|
Ganjil / Genap
|
||||||
STK511
|
Analisis
Statistika
|
3 SKS
|
I
|
||||||
Daftar
Mata Kuliah Wajib Program Studi (13 SKS)
|
|||||||||
Kode
|
Nama
|
Kredit
|
Semester
|
||||||
KPM53A
|
Metodologi
Penelitian Sosiologi Pedesaan
|
3 SKS
|
II
|
||||||
KPM631
|
Teori-Teori
Sosiologi Klasik dan Kontemporer
|
3
SKS
|
I
|
||||||
KPM50G
|
Gerder
dan Sistem Penghidupan
|
2 SKS
|
I
|
||||||
KPM539
|
Masyarakat
Pedesaan dan Perubahan Sosial
|
2 SKS
|
I
|
||||||
KPM563
|
Kependudukan
dan Ekologi Manusia
|
3 SKS
|
I
|
||||||
Daftar
Tugas Akhir (12 SKS)
|
|||||||||
Kode
|
Nama
|
Kredit
|
Semester
|
||||||
KPM60A
|
Proposal
Tesis
|
2 SKS
|
III
|
||||||
KPM60C
|
Publikasi
Ilmiah
|
2 SKS
|
III
|
||||||
KPM60F
|
Tesis
|
4 SKS
|
IV
|
||||||
KPM60E
|
Ujian
Tesis
|
2 SKS
|
IV
|
||||||
PPS690
|
Seminar
|
1 SKS
|
Ganjil/ Genap
|
||||||
KPM60B
|
Kolokium
|
1 SKS
|
III
|
||||||
Daftar
Mata Kuliah Peminatan Pengembangan Masyarakat (11 SKS)
|
|||||||||
Kode
|
Nama
|
Kredit
|
Semester
|
||||||
KPM572
|
Analisis
dan Kebijakan Sosial
|
2 SKS
|
II
|
||||||
KPM573
|
Tata
Kelola Pengembangan Masyarakat
|
3 SKS
|
II
|
||||||
KPM574
|
Sosiologi
Digital Pengembangan Masyarakat
|
3 SKS
|
II
|
||||||
KPM575
|
Relasi
Komunitas Pedesaan dan Perkotaan
|
3 SKS
|
II
|
||||||
Comments
Post a Comment